The Hidden Beauty of Palangka Raya

Yakin deh, pasti ketika mendengar nama ini ada aja yang masih bingung dimana letaknya atau bahkan hal - hal kecil seperti penulisan namanya yang (ternyata) dipisah *saya sendiri awalnya mengira penulisan nama kota ini digabung alias Palangkaraya*. Mungkin kota ini enggak sepopuler kota - kota lain di Indonesia, karena memang kota ini masih mencari-cari keunggulan apa yang dimilikinya. Enggak seperti kota - kota lain di Kalimantan yang sudah mengenal jati dirinya sendiri, baik di bidang pertambangan, pariwisata maupun konservasi lingkungan, Palangka Raya masih mencari apa yang bisa dia berikan untuk menarik perhatian orang - orang. Entah karena memang pemerintah setempat belum berani untuk mengambil langkah banyak atau memang (lagi - lagi) terkendala oleh masalah dana. Padahal kota ini salah satu kota yang paling tertata di Indonesia yang pernah saya kunjungi, terbukti dari pola jalan dan bentuk kotanya yang rapih.








Salah satu hal yang cukup bikin saya gemas adalah ketika saya mengunjungi perumahan masyarakat lokal disana. Enggak tau sih apa penglihatan saya yang terlalu "positif" melihat segala sesuatu hal dari sisi bagusnya, tetapi saat saya berkunjung ke rumah - rumah disana, banyak hal yang menarik perhatian saya. Mulai dari warna, pola hingga bentuk rumahnya yang menurut saya sangat khas. Oh iya, walaupun sebagian besar tempat wisatanya belum dikelola dengan baik, tetapi enggak ada salahnya buat datang ke beberapa tempat yang menurut saya cukup menyenangkan. Mulai dari Susur Sungai Kahayan, Taman Nasional Sebangau, Bukit Karmel dan taman wisata alam Batu Banama.    







2 Comments

  1. Pertama menginjakkan kaki di kota Palangka Raya ... yg ada dibenak adalah ... oh di tempat sepi ini nantinya aku berjuang !!! Rasanya tdk ada yg menarik saat itu ... *msh home sick ... Namun tdk lebih dari sebulan, banyak hal yg ternyata teramat sangat menarik. Tata kotanya mmg rapi dan tata kota Palangka Raya merupakan ide Presiden pertama kita, ada tugu Soekarno di depan pelabuhan kapal susur sungai. Dan satu2nya kota yg tidak ada bangunan peninggalan penjajah ... semua bangunan hasil karya anak bangsa. Ada beberapa taman/tugu peringatan di Palangka Raya salah satunya taman perjuangan di dpn ktr gubernur .. saya petnah posting di blog tapi sayangnya mungkin sdh tdk bisa ditemukan oleh "om google" ... http://bundarakha.blogspot.com/2009/03/taman-perjuangan-bangsa.html?m=1 - ... maaf koment nya kepanjangan ya ... senang ada yg ekplore kota cantik Palangka Raya ... terima kasih ya

    ReplyDelete
  2. tinggal menunggu waktu saja, Palangka Raya akan jadi salah satu kota yang di Pandang di Indonesia..

    ReplyDelete

Post a Comment