One Fine Day In Batu

"Don't judge a book by its cover". Mungkin pepatah itu sangat tepat untuk menggambarkan kota ini. Walaupun hanya kota kecil, tetapi Batu memiliki keunggulan dan pesonanya tersendiri dibandingkan kota - kota lain disekitarnya, bahkan Malang sekalipun. Awalnya yang saya tau hanyalah Batu Secret Zoo dan Batu Night Spectacular (yang pada akhirnya saya enggak jadi kesana huhu). Tetapi setelah melakukan browsing tentang kota ini, saya baru tau bahwa alun - alun kota ini dikenal sebagai alun - alun terbaik di Indonesia! Harus diakui memang ketika saya berkunjung kesana, alun - alun di Batu terlihat sangat rapih dan tertata. Jauh berbeda dibandingkan alun - alun di kota lain yang walaupun besar tetapi masih terlihat semrawutan. Bahkan saat pertama kali saya melihat langsung, rasanya lebih cocok dikatakan sebagai taman hiburan mini dibandingkan alun - alun. Mulai dari bianglala kecil, lampion - lampion dengan beraneka ragam bentuk yang menghiasi taman, serta bangunan berbentuk apel yang menjadi ciri khas kota ini. Secara keseluruhan pun, saya melihat bahwa tata kota ini juga sudah baik dan teratur. Mungkin karena kota ini kecil sehingga mudah diatur, atau memang pemerintah daerah setempat yang hebat mengelola kota ini.

Pemandangan sisi lain kota Batu dari atas kincir - kincir

Kincir - kincir yang terletak di alun - alun 

Salah satu makanan khas kota ini : ketan bubuk




This prairie dog is just the cutest!

Enggak perlu jauh - jauh keluar negeri buat bisa foto dengan latar belakang
 merpati yang sedang beterbangan :p

Seharian di kota ini rasanya enggak cukup bagi saya untuk mengunjungi tempat - tempat di list saya. Yaa bisa jadi karena setengah hari lebih saya habiskan di Jatim Park 2 dan Eco Green Park. Saya memang udah penasaran banget dari dulu dengan Batu Secret Zoo yang katanya lebih kece dan berbeda dari kebun binatang lainnya. Lagi - lagi saya harus mengakui bahwa tempat ini kelihatan jauh berbeda dari kebun binatang ragunan atau taman sari, bahkan juga lebih bagus dari taman safari sekalipun. Mulai dari jenis fauna-nya yang lebih beraneka ragam dan terawat dengan baik, penyampaian informasi yang menarik sehingga mudah dibaca dan dipahami, sampai dekorasi yang unik di beberapa kandang hewan. Setelah itu kami memasuki kawasan amusement park nya yang juga enggak kalah besar dibandingkan kebun binatangnya. Saya pribadi sih enggak terlalu suka bagian ini karena sebagian besar mainannya ditujukan untuk anak - anak kecil dan saat itu sangat crowded! Bagian favorit saya justru adalah bagian terakhir yang kami kunjungi, yaitu Eco Green Park. Sesuai dengan namanya, tempat ini lebih menawarkan wisata edukasi lingkungan. Banyak banget yang menarik untuk dieksplor disini, mulai dari bagian edukasi nya seperti cara mengelola sampah, biopori, sampai pengolahan susu, lalu ada bagian kreatifnya yaitu permainan air mancur yang bisa "bernyanyi", lukisan 3D, rumah terbalik, dan masihhh banyak lagi!


Bagian dari kerangka menyerupai gajah yang terbuat dari barang - barang "rongsokan"




Dimana lagi ada kebun binatang yang menaruh mobil di kandang hewan?


Tempat favorit saya di Eco Green Park adalah "Pasar Burung". Beneran kerasa suasana homey pasar burung di pedesaan, ditambah dengan burung - burung merpati yang selalu menarik untuk difoto!

Bagian luar dari office-nya Eco Green Park. So inspiring!

10 Comments

  1. Sudut pandang fotonya selaluuu tampak kece <3
    Padahal jaman dulu sering ke Batu, tapi kenapa ga bisa motret kayak gini ya hahahahaaa... I adore your photography skill!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku berpikiran hal yang sama, mbak..
      Everything always look more kece kalau difoto sama Nazura ^^
      Kapan-kapan kalau ke Jawa Timur lagi, let me know.. Siapa tau bisa jadi guide kamu hihi

      Delete
    2. aihhh terima kasih yaa mba - mba cantik. aku jadi maluuu dibilang gituu hehehe.

      mba tiananda, mungkin Batu jaman dulu sama jaman sekarang agak beda, enggak sekece sekarang hehe.

      okay mba primadita, ntar kalo main ke Jatim lagi aku kabarin mba yaa :)

      Delete
    3. *nimbrungkomen* iya ini kok cantik banget yaa. Skill potonya bikin iri mbak :D
      kapan-kapan kalau ke Jogja aku juga bersedia jadi guidemu :D

      Delete
    4. makasiii ya mba erny. wah asikk, nanti kalau aku main ke Jogja lagi insya Allah aku kabarin mba yaaa :)

      Delete
  2. Waah.. salam kenal Nazura. :) Selalu suka postingan kamu deh. Foto-fotonya kereen.. Narasinya pun gak panjang tapi oke.. Jadi, semakin pengin ke kota tetangga ini.. Dari dulu gak pernah kesampaian jalan2 ke Malang dengan puas sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mba Deenieka, salam kenal juga yaa. Makasii udah baca blog saya, so happy to know it! :) ayo mba jalan2 lagi dan eksplor Malang dan Batu (padahal saya jg blm puas mengeksplornya hehe)

      Delete
  3. wah abisa dari batu, jadi pengen pulang kampung (padahal orang malang). kak ozu sepertinya main-main terus seru sekali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huoo ghea orang malang yaa ternyataa. Hahaha engga kook, yg kemarin2 itu sebenarnya kerja tapi ada waktu kosong setelah itu jd bisa main. Baru yang ini aja main beneran ghee :)

      Delete

Post a Comment