Kepada Yth.
Bapak Gubernur DKI Jakarta

Sebelumnya perkenalkan, nama saya Poeti Nazura. Saya adalah salah satu dari 10 juta penduduk Jakarta yang menggunakan Bus Transjakarta hampir setiap harinya. Alasan saya sangat simpel, karena saya sangat mendukung penggunaan transportasi umum di Indonesia dan saya tidak ingin menjadi orang yang mengeluh tentang kemacetan, tetapi tetap menggunakan moda transportasi pribadi, yang mana menjadi salah satu penyebab utama dari kemacetan yang terjadi di DKI Jakarta.

Namun, saya tidak memungkiri bahwa kondisi transportasi umum di Jakarta masih berada dalam kondisi yang belum baik, bahkan sebagian besarnya memiliki fasilitas yang buruk dan tidak aman bagi masyarakat. Maka, keberadaan Busway di Jakarta sangat memudahkan saya. Karena menurut saya pribadi, Busway adalah moda transportasi umum yang paling nyaman dan mudah menjangkau hampir seluruh wilayah Jakarta. Sayangnya, bahkan untuk transportasi yang paling nyaman sekalipun, saya tetap merasa dukungan Pemerintah belum maksimal dalam memberikan pelayanan transportasi umum yang terbaik bagi masyarakat disini.



Kenapa saya bisa mengatakan demikian? Karena hampir setiap hari saya menggunakan Busway, terutama pada saat jam pulang kerja, saya dan pengguna Busway lainnya harus mengantri dengan antrian yang sangat panjang, berdesak - desakan dan dalam waktu hingga satu jam lebih. Kalau Bapak melihat secara langsung pada jam - jam tersebut dan merasakannya sendiri, Bapak akan mengerti bahwa kapasitas Busway saat ini sangat tidak sesuai dengan jumlah pengguna yang ada.

Kondisi ini semakin hari semakin parah, karena saya melihat semakin banyak masyarakat yang menggunakan Busway ini. Dan hal ini terbukti dengan berita dari @infojakarta, bahwa tingkat peminat Busway semakin tinggi. Namun, jika kondisi saat ini tidak segera diatasi, maka ada kemungkinan bahwa "peminat baru" ini bisa kembali menggunakan moda pribadi atau bahkan menambah pasokan 7 juta kendaraan pribadi yang sudah ada di kota ini.

Dari kondisi saat ini, saya sangat sadar bahwa masyarakat Jakarta saat ini berada dalam suatu dilema, yaitu antara menggunakan moda kendaraan pribadi yang nyaman namun akan berhadapan dengen kemacetan lalu lintas yang berlangsung selama berjam - jam dan di sisi lain menggunakan transportasi umum, namun harus berhadapan dengan kondisi yang sangat tidak nyaman berupa antrian panjang dan berdesak-desakan.


Oleh karena itu, saya disini sangat berharap Bapak dapat menambahkan unit Busway, terutama di koridor - koridor yang memiliki demand pengguna yang sangat tinggi. Jika saya boleh memberi saran, daripada membangun jalur transportasi umum baru seperti monorail atau MRT, serta membangun jalan layang baru, saya lebih mendukung agar Bapak menambahkan unit Busway dan memaksimalkan fasilitas transportasi umum lainnya yang sudah disediakan saat ini. Saya kira Bapak pasti jauh lebih mengerti dan memahami bahwa Jakarta sudah terlalu padat untuk pembangunan baru seperti itu, yang mana akan membutuhkan ruang yang sangat besar dan tidak sesuai dengan ketersediaan lahan di kota ini yang sudah sangat minim.

Sekian masukan dari saya. Semoga Bapak tidak hanya sekedar menampung aspirasi rakyat Bapak, tetapi juga tidak segan untuk merealisasikannya ke depan.

Salam Hormat,



Poeti Nazura Gulfira Akbar

0 Comments